7 Emulator Android Terbaik yang Paling Ringan dan Cepat

IdeaBox.co.id — Apakah Anda sering merasa kurang puas memainkan game kesukaan di perangkat Android karena selain layar yang kecil juga sering ngelag? Memang, semakin lama, game Android hadir dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Hal ini sering menjadi masalah terutama untuk gamers yang memiliki spesifikasi smartphone Android pas-pasan.

Nah, untuk mendapatkan kesan bermain game Android yang lebih menarik dan tentunya lebih lancar, Anda bisa mencoba memainkannya menggunakan laptop. Memangnya, bisa?

Tentu saja bisa! Saat ini ada cukup banyak emulator Android yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop meskipun keduanya memiliki sistem operasi yang berbeda. Terkait software emulator tersebut, ada beberapa rekomendasi emulator Adnroid terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan.

Penasaran apa saja rekomendasinya? Berikut daftar emulator Android terbaik versi IdeaBox.

1. Blue Stack

Bisa dikatakan jika Blue Stack adalah salah satu emulator yang sangat populer karena banyak digunakan oleh pengguna Android. Nah, perlu diketahui bahwa saat ini pengembangan emulator satu ini cenderung ke arah gaming sehingga Anda yang suka bermain game Android akan lebih terbantu.

Apa yang menarik dari Blue Stack?

Emulator ini cukup mudah dalam hal proses instalasi. Anda hanya perlu berkunjung ke website resmi Blue Stack untuk mendapatkan file installer. Tentu, Anda hanya tinggal memilih detail file yang sesuai sistem PC atau laptop yang digunakan. 

Selain itu, Blue Stack juga mendukung multi-akun sehingga bisa digunakan untuk membuka beberapa akun sekaligus. Sayangnya, emulator ini memiliki iklan sponsor. Anda yang ingin bebas dari iklan bisa menggunakan versi berbayar yang tersedia dengan harga sekitar US $24.

2. Game Loop

Awalnya, Game Loop merupakan emulator Android dengan nama Ten-cent Gaming Buddy. Namun, emulator ini kemudian melakukan inovasi dan mengubah namanya setelah mendapatkan dukungan secara eksklusif untuk memainkan Call of Duty versi mobile.  

Seperti namanya, emulator ini memang memiliki fokus hanya pada game Android saja. Oleh karenanya, jika Anda mencari emulator yang cenderung kompleks untuk beragam aplikasi Android, maka emulator ini kurang cocok digunakan.

Sebagai salah satu emulator Android terbaik, Game Loop memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah integrasi keyboard dengan mouse yang maksimal untuk kesan bermain game yang lebih memuaskan. Terlebih, emulator ini tersedia dan bisa digunakan secara gratis!

3. LD Player

Bisa dikatakan jika LD Player adalah pemain baru di dunia emulator Android. Namun, emulator yang satu ini tidak bisa dianggap remeh meskipun pendatang baru. Ya, hal ini dikarenakan adanya dukungan ada gamepad, keyboard mapping serta high fps gaming yang diberikan.

Tidak hanya itu, LD Player memiliki fitur alokasi RAM dan CPU sesuai dengan penggunaan. Dengan adanya fitur ini, tentu saja controlling pada perangkat yang digunakan akan cenderung lebih mudah dan lebih maksimal.

Meskipun emulator ini tersedia secara gratis, LD Player hanya tersedia untuk device Windows saja. Anda yang menggunakan OS lainnya tidak mendapatkan akses untuk menggunakannya.

4. NOX

Emulator Android lain yang juga masuk rekomendasi sebagai pilihan terbaik adalah NOX. Apakah Anda pernah mendengar tentang emulator yang satu ini?

Nah, NOX bisa diandalkan untuk mengakses beragam aplikasi Android yang berbeda. Namun, emulator yang satu ini paling cocok untuk memainkan game-game kelas berat. Game seperti Justice League dan PUBG yang tampak berat dijalankan di smartphone, bisa Anda jalankan lebih lancar menggunakan emulator ini.

Selain itu, NOX juga memberikan dukungan pada penggunaan gamepad dan mouse yang cukup maksimal. Sayangnya, ukuran file emulator ini cukup besar sehingga memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar. Juga, ada cukup banyak iklan sponsor yang hadir pada emulator ini meskipun sebenarnya hal tersebut adalah konsekuensi aplikasi yang gratis.

5. Leap Droid

Jika Anda mencari emulator Android yang ringan dan cepat, terutama untuk bermain game, Leap Droid adalah salah satu pilihan yang cukup tepat. Emulator yang satu ini sangat menarik dengan user interface yang sangat friendly sehingga mudah untuk dipahami. Selain itu, emulator ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan custom controller.

Hal menarik lainnya dari Leap Droid adalah ukurannya yang cenderung tidak terlalu besar. Untuk menggunakan emulator ini, Anda hanya memerlukan ruang penyimpanan dengan kapasitas 250 MB saja. Nah, untuk Anda yang hendak menggunakan emulator ini pada device dengan OS Windows 8 ke atas, ada baiknya jika Anda mengaktifkan Hyper-V demi kelancaran.

Sebagai tambahan, Leap Droid tersedia secara gratis dan bisa digunakan sepuasnya. Sangat menarik, bukan?

6. Droid 4X

Emulator Android lain yang cocok untuk Anda jadikan pilihan yang tepat adalah Droid 4X. Ya, pilihan emulator ini juga masuk dalam rekomendasi emulator terbaik. Salah satu alasan kenapa emulator tersebut bisa dijadikan pilihan adalah adanya dukungan touchscreen. Tentu saja, dukungan ini bisa dimanfaatkan jika Anda menggunakan device yang mendukung layar sentuh.

Selain itu, Droid 4X juga menyediakan fitur perekam layar. Fitur ini akan memudahkan Anda ketika hendak melakukan perekaman saat bermain game. 

Nah, Droid 4X tersedia secara gratis. Untuk menjalankan emulator ini, Anda perlu menggunakan device dengan spesifikasi RAM 2 GB dan Droid 4X hanya tersedia untuk device dengan OS Windows saja.

7. MEmu Play

MEmu Play merupakan emulator Android yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 yang lalu. Salah satu poin plus yang dimiliki oleh emulator ini adalah adanya dukungan untuk chip NVIDIA ataupun AMD.

Selain itu, kualitas gaming dari emulator ini cukup maksimal dan mengesankan. Hal inilah yang membuat MEmu Play cocok dijadikan emulator untuk memainkan beragam jenis game, seperti Pokémon Go, Ingress ataupun lainnya. 

Hal menarik lainnya dari emulator ini adalah adanya beberapa opsi versi Android yang digunakan. Anda bisa menemukan emulator untuk OS Android Jelly Bean, KitKat ataupun Lollipop. Sekilas, emulator ini bisa menjadi pilihan yang tepat terutama untuk Anda yang memang ingin memainkan game-game Android lawas.

Nah, dari beragam poin di atas, Anda bisa melihat bahwa ada cukup banyak emulator Android terbaik yang bisa dipertimbangkan. Cek masing-masing emulator tersebut dan sesuaikan dengan spesifikasi device yang Anda gunakan demi kinerja yang maksimal sesuai yang Anda inginkan. Install emulator Android dan mainkan game kesukaan Anda dengan kesan yang berbeda.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Ade Rizki Yulianto

Alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta | Saat ini bekerja sebagai SEO Specialist di YCP Solidiance.

Artikel Terkait

Lagi Hits di Medsos, Inilah 5 Aplikasi Pembuat Foto Bergerak

Lagi Hits di Medsos, Inilah 5 Aplikasi Pembuat Foto Bergerak

News • Diperbarui 6 Agustus 2021, 23:40 WIB

Tinggalkan komentar