Cara Kompres File PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan

IdeaBox.co.id — File PDF merupakan sebuah format file yang memudahkan kita dalam hal pendokumentasian digital. Mulai dari gambar, teks, vektor, dan lain sebagainya.

Nah, hari ini PDF menjadi salah satu bagian perkembangan dunia digital yang sangat dibutuhkan. Bagaimana tidak? Banyak aktivitas pekerjaan maupun sekolah, telah memanfaatkan format file ini untuk menunjang kegiatannya sehari-hari.

Mulai tugas sekolah, file-file pekerjaan seperti MoU, dan surat-surat penting lainnya, telah memanfaatkan format file yang satu ini.

Namun sayangnya, ada satu kendala yang sering kita hadapi pada saat kita melakukan pertukaran dokumen PDF ini, yaitu ukuran file atau memori file yang terlampau besar.

Sehingga, ukuran file terlalu besar terkadang menghambat proses pengiriman atau upload dokumen yang terlampau lama. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ada satu solusi yang bisa kita lakukan yakni dengan mengkompres file PDF.

Untuk kompres file PDF sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pihak ketiga yang bisa kita gunakan untuk kompres file PDF.

ILOVEPDF

Cara Kompres PDF - ILOVEPDF

ILovePDF tergolong sebagai salah satu tools untuk mengkompres file PDF yang cukup populer. Bahkan, tools satu ini tidak hanya menyediakan fitur untuk memperkecil ukuran PDF, melainkan juga menyediakan fitur lain seperti menggabungkan dan memisahkan halaman PDF.

Nah, sebagai salah satu tools untuk kompres file PDF, untuk menggunakan fitur dari ILovePDF sangatlah mudah. Pun juga, output file yang dihasilkan pun juga terbilang bagus dan sesuai keinginan pengguna.

PDF Candy

Cara Kompres PDF - PDFCANDY

Kedua, ada PDF Candy yang notabene juga PDF Compressor yang sangat populer. Bagaimana tidak? Fitur yang disediakan oleh tools ini sangatlah banyak.

Selain digunakan untuk kompres file PDF, banyak fitur menarik lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk mengolah file PDF. Mulai dari menggabungkan PDF, memisahkan halaman PDF, hingga mengubah format PDF.

Sebagai salah satu PDF Compressor yang cukup populer, hasil output file dari PDF Candy juga tak kalah bagus dari ILovePDF. Sehingga dua tools ini bisa dibilang cukup kompetitif dalam menawarkan fitur-fitur yang mereka miliki.

PDF Compressor

Cara Kompres PDF - PDFCompressor

Berbeda dengan dua tools sebelumnya, PDF Compressor hanya fokus pada fitur untuk memperkecil ukuran file PDF. Namun sebenarnya, tools ini juga terafiliasi dengan berbagai tools lain yang menyediakan fitur lain yang berhubungan dengan pengolahan file PDF.

Seperti halnya mengubah format file PDF ke jenis format file lainnya. Namun, meski hanya menyediakan satu fitur saja, justru PDF Compressor memiliki UI dan UX yang sangat simpel, sehingga memudahkan para penggunanya.

Small PDF

Cara Kompres PDF - SmallPDF

Selanjutnya ada Small PDF yang juga menyediakan salah satu fitur untuk memperkecil ukuran file PDF. Ya, pasalnya tools ini tidak hanya menyediakan fitur untuk mengkompres file PDF saja, melainkan ada berbagai fitur lain yang bisa membantu kita untuk mengolah file PDF.

Mulai dari essign file PDF, edit file PDF, hingga menggabungkan beberapa file PDF menjadi salah satu file. Berbeda dengan tools-tools sebelumnya, bisa dibilang Small PDF memiliki fitur yang lebih menarik untuk mengolah PDF.

PDF2Go

Cara Kompres PDF - PDF2GO

Rekomendasi yang kelima adalah PDF2Go, hampir mirip dengan Small PDF, PDF2GO memiliki banyak sekali fitur untuk mengolah file PDF.

Tidak hanya mengkompres atau memperkecil ukurannya saja, melainkan tersedia fitur seperti proteksi file PDF hingga mengconvert file PDF menjadi jenis file lain seperti Excel atau Doc.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tools untuk mengkompres file PDF sesuai dengan keinginan kita. Lantas, bagaimana cara menggunakan tools tersebut?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperkecil ukuran PDF sesuai dengan keinginan kita. Pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan salah satu tools yaitu ILOVEPDF.

Cara Kompres File PDF Sesuai dengan Keinginan 

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan kalian telah memiliki file PDF yang ingin dikompres. Jika kalian sudah menyiapkan file PDF, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka Situs PDF Compressor

Pertama, buka situs PDF Compressor pada browser kalian. Kalian bisa mengunjunginya dengan klik link berikut ini: https://ilovepdf.com/.

Langkah #2: Upload File PDF

Cara Kompres PDF - 1

Setelah ILOVEPDF berhasil diakses, maka akan tersedia tempat untuk mengunggah file PDF yang ingin dikompres. Pada langkah ini, kalian bisa klik tombol Pilih File PDF atau langsung saja drag and drop file PDF pada tempat yang sudah disediakan.

Langkah #3: Sesuaikan Ukuran File 

Cara Kompres PDF - 2

Setelah berhasil mengunggah file, maka akan tampil preview dari file yang kalian upload. Untuk menyesuaikan ukuran file PDF, terdapat tiga pilihan yang bisa kalian pilih untuk menyesuaikan ukuran file.

Agar memperoleh output file terbaik dengan ukuran minimum, maka disarankan mengikuti saran dari ILOVEPDF, dengan memilih KOMPRESI YANG DISARANKAN.

Langkah #4: Kompres PDF

Cara Kompres PDF - 3

Selanjutnya, klik tombol KOMPRES PDF untuk memproses file PDF yang telah diunggah.

Langkah #5: Download File PDF

Cara Kompres PDF - 4

Tunggu proses beberapa saat hingga proses kompresing selesai, setelah proses selesai, kini kalian langsung bisa mengunduh file PDF yang telah dikompres.

Selesai.

Jika kalian menemukan kesulitan dalam hal kompres PDF, jangan ragu untuk bertanya kepada kami melalui kolom komentar di bawah.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Tinggalkan komentar