Garena Baned 891.349 Akun Cheater di Free Fire

IdeaBox.co.idGarena kembali mengambil sikap tegas dalam upayanya menghadapi para pemain curang alias cheater. Dilansir dari akun Instagram Official milik Free Fire Indonesia, hampir 900.000 akun telah di-ban permanen.

Dari seluruh akun yang di-ban, mereka diketahui terindikasi melakukan beberapa kecurangan. Di antaranya, 13.1% Wallhack, 69.7% Auto-Aim(Headshot), 14.0% Teleport dan 3.2% Lain lain.

Selain angka tersebut, terdapat sebanyak 51.8% pemain yang di-ban karena kedapatan telah dilaporkan oleh pemain yang lain. Tidak berhenti disitu, bahkan Garena juga memberi sanksi kepada 5.173 akun yang diketahui telah bermain bersama para hacker maupun cheater.

Hukuman yang diberikan oleh Garena, berupa penurunan rank atau peringkat dalam game hingga ke level Bronze 1.

Mengutip dari caption Instagram yang dunggah Garena (@freefirebgid) pada Selasa (31/08/2021), “Kami berusaha untuk menjaga permainan yang adil dan menjaga pengalaman bermain yang jujur untuk semua pemain. Cheater yang tertangkap karena menggunakan skrip/program yang dimodifikasi akan langsung terkena banned secara permanen.”

Terlepas dari hal tersebut, Garena juga terus berupaya dalam meningkatkan keamanan game agar terhindar dari aktivitas curang yang dilakukan oleh para pemain Free Fire. Dengan begitu, para pemain lain bisa merasa lebih tenang tanpa adanya gangguan cheater.

Garena juga menghimbau kepada seluruh pemain Free Fire untuk terus menjaga ekosistem permainan game yang sehat dan fairplay dengan melaporkan setiap pemain yang kedapatan bermain dengan menggunakan cheat.

“Kami juga berharap dan ingin mengingatkan seluruh Survivor agar tidak login ke Free Fire menggunakan aplikasi yang tidak berlisensi serta tidak memanfaatkan bug di dalam In-game. Harap terus laporkan cheater melalui fungsi pelaporan dalam game. Mari kita menjaga dan membangun Free Fire yang lebih baik untuk kepentingan bersama.”, Ujar Garena dalam unggahan di akun Instagram-nya.

Protes Pemain Free Fire

Upaya yang dilakukan oleh Garena, agaknya juga tidak diterima sepenuhnya oleh para pemain. Pasalnya, beberapa sanggahan dan protes dilayangkan oleh beberapa pemain melalui kolom komentar pada konten yang diunggah oleh @freefirebgid di Instagram.

Salah satunya disampaikan oleh salah satu akun dengan username @risman_calestine, Ia berdalih dengan berkomentar, “Lah saya min mainya random squad gatau bakal sama cheater ko di suspend permanen heran sama Garena udah bikin laporan ke Garena support tetep aja ke detect gua pake cheat. Kan gua gatau min maen squad random bakal ketemu cheater”.

Selain komentar tersebut ada juga sanggahan lain yang mana akun-akun yang di-ban merupakan akun yang disengaja dilaporkan oleh pemain lain. Seperti yang disampaikan oleh @afhysilawane_, “balikin akun ku garena? di ban gara” sngaja di report?”.

Apapun itu, upaya yang dilakukan oleh Garena semata-mata dilakukan untuk menciptakan ekosistem permainan yang sehat. Semoga Garena melakukan ini dengan bijaksana agar tidak ada lagi pemain-pemain lain yang merasa dirugikan. 

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Ade Rizki Yulianto

Alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta | Saat ini bekerja sebagai SEO Specialist di YCP Solidiance.

Tinggalkan komentar