Mengatasi GTA V Force Close & Crash di PC

mengatasi masalah force close gta v

Halo teman-teman! Apa kabar? Hari ini, kita akan membahas tentang bagaimana mengatasi masalah ketika game GTA V force close atau crash.

Wah, pasti sangat mengganggu, ya? Tenang saja, saya akan menjelaskannya sejelas mungkin agar kalian bisa mengerti. Jadi, siap-siap ya!

Mengapa GTA V bisa Force Close atau Crash?

GTA V Crash

Ketika kita bermain GTA V di komputer atau PC, ada beberapa alasan mengapa permainan itu bisa menutup sendiri atau crash.

Salah satunya adalah spesifikasi komputer kita mungkin tidak cukup kuat untuk menjalankan permainan tersebut.

Selain itu, terkadang ada program lain yang berjalan di latar belakang yang dapat mengganggu jalannya permainan.

Salah satu penyebab GTA V force close

Bagaimana Mengatasi GTA V Force Close dan Crash?

Mengatasi GTA V Force Close

Jika GTA V tiba-tiba menutup sendiri atau crash, kamu tidak perlu panik. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Ayo kita lihat satu per satu!

1. Periksa Spesifikasi Komputermu

Pertama-tama, periksa spesifikasi komputermu. Spesifikasi adalah seperti karakteristik khusus komputermu.

Ada tiga hal yang harus kamu periksa: ruang penyimpanan, kapasitas RAM, dan kartu grafis.

– Cek Ruang Penyimpanan

Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup di komputermu. Jika ruang penyimpanan penuh, bisa jadi itu menyebabkan GTA V menutup sendiri.

Kamu bisa menghapus file-file yang tidak penting untuk membuat ruang penyimpanan lebih banyak.

– Cek Kapasitas RAM

RAM adalah sejenis memori yang membantu komputer menjalankan permainan dengan lancar. Periksa kapasitas RAM komputermu.

Jika kapasitas RAM terlalu rendah, itu bisa menjadi penyebab GTA V crash. Tapi jangan khawatir, kita bisa memperbaikinya.

– Cek Kartu Grafis

Kartu grafis adalah seperti otak komputer yang membantu menampilkan gambar dan grafik dalam permainan.

Pastikan kartu grafismu mendukung atau memenuhi persyaratan untuk menjalankan GTA V. Jika kartu grafis terlalu lama atau tidak cukup kuat, bisa jadi itulah penyebabnya.

2. Tutup Program Lain yang Tidak Penting

Ketika kita bermain GTA V, ada baiknya menutup program-program lain yang tidak penting yang sedang berjalan di komputer kita.

Program-program tersebut bisa mengganggu kinerja permainan dan membuatnya crash. Jadi, pastikan hanya permainan GTA V yang berjalan di komputermu.

3. Jalankan Permainan dengan Mode Administrasi

Mode administrasi adalah seperti menjadi “pemimpin” komputermu. Ketika kita menjalankan GTA V dengan mode administrasi, itu memberikan lebih banyak “kekuatan” pada permainan tersebut.

Jadi, coba jalankan permainan GTA V dengan mode administrasi dan lihat apakah itu membantu.

4. Pastikan Driver Terbaru Terinstal

Driver adalah seperti pengemudi kendaraan yang menghubungkan permainan dengan komputer.

Pastikan kamu memiliki driver terbaru yang terinstal di komputermu. Ada dua jenis driver yang perlu kamu periksa: driver kartu grafis dan driver DirectX.

– Driver Kartu Grafis

Driver kartu grafis membantu menampilkan gambar dan grafik dalam permainan dengan lancar.

Pastikan kamu memiliki driver kartu grafis terbaru yang cocok dengan komputermu. Kamu bisa mengunjungi situs web produsen kartu grafismu untuk mengunduh driver terbaru.

– Driver DirectX

Driver DirectX adalah seperti alat bantu tambahan untuk menjalankan permainan. Pastikan kamu memiliki driver DirectX terbaru di komputermu. Kamu bisa mendapatkannya dari situs web Microsoft.

5. Kurangi Pengaturan Grafis

Ketika kita bermain GTA V, kita bisa mengatur tingkat grafis dalam permainan tersebut. Jika permainan terlalu “berat” untuk komputer kita, kita bisa mencoba mengurangi pengaturan grafisnya. Misalnya, mengurangi kualitas gambar atau efek-efek khusus dalam permainan.

6. Tutup Aplikasi Overlay

Aplikasi overlay adalah seperti “tambahan” pada permainan yang memberikan fitur-fitur tambahan seperti chatting atau tangkapan layar.

Kadang-kadang, aplikasi overlay ini bisa mengganggu jalannya permainan dan menyebabkan crash. Jadi, pastikan menutup aplikasi overlay sebelum bermain GTA V.

7. Nonaktifkan Antivirus Sementara

Antivirus adalah seperti polisi keamanan yang melindungi komputer kita dari serangan virus.

Tapi terkadang, antivirus ini bisa mengganggu jalannya permainan dan membuatnya crash. Jadi, sementara kamu bermain GTA V, coba nonaktifkan antivirus untuk sementara waktu.

8. Update Game

Pengembang permainan seringkali merilis pembaruan untuk permainan mereka. Pembaruan ini mengandung perbaikan-perbaikan yang bisa membantu mengatasi masalah crash.

Jadi, pastikan permainan GTA V yang kamu mainkan sudah diperbarui ke versi terbaru.

9. Bersihkan File Cache

File cache adalah seperti “sampah” yang ada di komputermu. Kadang-kadang, file cache yang menumpuk bisa mengganggu kinerja permainan dan menyebabkan crash.

Kamu bisa membersihkan file cache dengan menggunakan program pembersih atau secara manual.

10. Reinstall Ulang Game

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menghapus permainan GTA V dari komputermu dan menginstalnya kembali.

Kadang-kadang, ada file yang rusak atau tidak lengkap yang menyebabkan permainan crash. Dengan menginstal ulang permainan, kita memberikan kesempatan yang baru.

11. Periksa Koneksi Internet

Terakhir, jika Kamu bermain online pastikan koneksi internetmu stabil saat bermain GTA V. Kadang-kadang, masalah koneksi internet bisa mempengaruhi permainan dan menyebabkan crash.

Jadi, pastikan kamu terhubung dengan internet yang baik sebelum memulai permainan.

12. Upgrade Komponen PC

Upgrade komponen PC menjadi cara terakhir jika Kamu ingin tetap memainkan GTA V. Dalam beberapa kasus force close dan crash diakibatkkan ada komponen PC yang tidak sesuai, yang paling umum RAM, VGA dan processor.

Untuk melihat komponen mana yang tidak support, maka Kamu dapat melihat spesifikasi secara detai dari game GTA V itu sendiri.

  • Pastikan semua sistem operasi dan processor kalian sudah 64-bit.
  • OS : Windows 10 64 Bit, Windows 8.1 64 Bit, Windows 8 64 Bit, Windows 7 64 Bit Service Pack 1
  • Processor : Intel Core i5 3470 @ 3.2GHz (4 CPUs) / AMD X8 FX-8350 @ 4GHz (8 CPUs)
  • Memory : 8 GB RAM
  • Graphics : NVIDIA GTX 660 2GB / AMD HD 7870 2GB
  • Storage : 72 GB available space
  • Sound Card : 100% DirectX 10 compatible

13. Set Priority Game GTA V

Cara satu ini dapat dilakukan ketika kamu mengalami loading yang tidak kunjung selesai. Artinya ketika membuka game terus loading dan stuck.

Cara ini dapat dilakukan melalui task manager. Mengakses taks manager dapat melalui pilihan control panel, atau dengan menakan Ctrl + Shift + Esc.

Setelah masuk ke tas manager, selanjutnya  Details > Klik kanan pada GTA V.exe > Set priority > Realtime > Change priority.

Kembali lagi ke GTA V sebentar, lalu Details > Klik kanan pada GTA V.exe > Set priority > Normal > Change priority.

Setelah itu bukka kembali game GTA V.

Kesimpulan

Mengatasi masalah GTA V yang force close atau crash di komputer tidak perlu sulit. Dengan langkah-langkah sederhana seperti

  • Memeriksa spesifikasi komputer
  • Menutup program lain
  • Memperbarui driver
  • Mengurangi pengaturan grafis

Jadi, jangan khawatir jika GTA V tiba-tiba force close atau crash. Kamu hanya tinggal memperbaikinya!


Ringkasan

Jadi, teman-teman, dalam tulisan ini kita telah membahas cara mengatasi masalah GTA V yang force close atau crash di komputer.

Kita memeriksa spesifikasi komputer, menutup program lain, memperbarui driver, mengurangi pengaturan grafis, dan melakukan langkah-langkah lain yang mudah diikuti. Ingat, yang terpenting adalah bersenang-senang saat bermain game.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, teman-teman! Semoga tips-tips di atas bisa membantu kalian mengatasi masalah GTA V yang force close atau crash di komputer. Jangan lupa, bersenang-senanglah saat bermain game favoritmu!

Posted by
Ahmad Hasanudin

Ahmad Hasan adalah seorang Founder dan Editor in Chief di IdeaBox. Tech enthusiat dan SEO specialist.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *