Mirip Seperti Reddit, Twitter Uji Coba Fitur Upvote dan Downvote

IdeaBox.co.idMedia sosial dan microblog daring asal Amerika Serikat, Twitter, melakukan uji coba fitur baru sejak 22 Juli 2021 lalu. Fitur yang mereka uji coba bernama upvote downvote button. Pada tahap uji coba ini, fitur upvote downvote hanya muncul secara terbatas pada beberapa pengguna iOS saja.

Tujuan Twitter mengembangkan fitur upvote downvote adalah untuk memahami jenis balasan yang menurut pengguna paling relevan dengan konteks percakapan. Artinya, apabila di dalam sebuah tweet ada komentar yang tidak relevan dan cenderung bermuatan negatif, follower bisa melakukan downvote. Jadi, komentar negatif tersebut akan tenggelam.

Mengutip tweet Kayvon Beykpour, product lead Twitter, “Fitur ini sedang kami eksplorasi. Jadi, kami belum punya cukup data untuk menarik kesimpulan untuk menggunakannya sebagai fitur permanen. Yang jelas, fitur downvote tidak sama dengan fitur dislike”.

Melansir dari updatetekno.com, pengguna Twitter yang sudah mencoba fitur upvote downvote berkomentar, “Apabila kita memilih upvote, maka upvote akan ditampilkan ke publik dalam bentuk suka atau like. Sedangkan, saat kita memilih downvote, Twitter tidak menampilkan downvote ke publik. Artinya, hanya kamu dan sistem yang tahu. Jadi, follower ataupun pemilik akun tidak tahu siapa yang telah men-downvote komentarnya”.

Coby Elam, user research Twitter berpendapat, “Penambahan fitur upvote downvote akan memberikan kekuatan pada setiap orang untuk menyuarakan pendapat mereka. Setiap orang bebas berpendapat tentang kualitas komentar tanpa mempermalukan orang lain secara terbuka sambil memberikan respons yang etis”.

Pernyataan Kayvon Beykpour & Coby Elam malah membuat pengguna Twitter semakin penasaran. Maka, kami melanjutkan penelusuran tentang fitur upvote downvote ini secara lebih terperinci.

Menurut akun @TwitterSupport, untuk saat ini, fitur upvote downvote masih dalam tahap riset. Belum ada pernyataan resmi yang memberitahukan fitur ini akan digunakan secara massal dan permanen.

Setelah kami selidiki secara saksama, Twitter saat ini sedang melakukan pengujian user experience terkait fitur tombol upvote downvote. Salah satu pengujian yang dilakukan Twitter adalah tata letak ikon dan bentuk ikon.

Saat ini Twitter menguji berbagai ikon dan fungsi dari fitur upvote downvote. Beberapa ikon yang di uji coba di antaranya:

  1. Ikon anak panah ke atas dan ke bawah.
  2. Ikon hati dan anak panah ke bawah.
  3. Ikon jempol ke atas dan jempol ke bawah.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung menuju tweet dari @TwitterSupport berikut ini:

Dari tweet di atas, terlihat bahwa pengguna iOS dalam kelompok tertentu menerima bentuk ikon fitur upvote downvote yang berbeda. Ada yang mendapatkan upvote downvote button berbentuk tanda panah, hati hingga jempol.

Semua data pengguna tersebut akan terekam di dalam sistem big data Twitter. Dan machine learning Twitter akan menyimpulkan fitur terbaik berdasarkan interaksi pengguna. Dengan begitu, Twitter akan mendapatkan informasi terbaik dari eksperimennya.

Pihak Twitter masih membutuhkan banyak data untuk memperoleh fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan jejaring sosial Twitter.

Menarik, ya? Tapi bagaimana ulasan dari sisi pengguna? Beberapa pengguna iOS yang telah mencoba fitur ini membandingkannya dengan fitur serupa yang ada di layanan Reddit.

Akun official Reddit di Twitter pun sampai ikut berkomentar, “Interesting”. Artinya, pihak Reddit juga penasaran ke arah mana fitur terbaru Twitter ini akan bermuara. Jika pengembangan fitur ini berhasil menarik minat pengguna, kemungkinan akan menjadi perubahan yang cukup baik untuk ekosistem Twitter.

Tapi, kita tidak tahu, nantinya fitur ini akan di bawa ke mana oleh Twitter. Yang jelas, Twitter ingin menghadirkan pengalaman jejaring sosial yang lebih menarik di masa mendatang.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Tinggalkan komentar