Bahaya Menggunakan Aplikasi YoWhatsApp yang Siap Mengintai Penggunanya

IdeaBox.co.id — Hingga saat ini WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi percakapan paling populer di dunia. Dengan menawarkan beberapa fitur unggulan seperti video call, pesan suara, dan pengiriman berkas yang lebih mudah, WhatsApp memang masih menjadi pilihan terbaik bagi kebanyakan penggunanya.

Meski demikian, ada juga yang merasa belum puas dengan berbagai fitur yang diberikan WhatsApp. Tak ayal, aplikasi WhatsApp Modifikasi (WhatsApp Mod) pun kini banyak dilirik oleh pengguna yang menginginkan fitur lebih.

Salah satu aplikasi WhatsApp Mod yang tengah naik daun ialah YoWhatsApp. Aplikasi ini dikembangkan oleh pihak ketiga, dan sudah barang tentu ilegal.

Aplikasi YoWhatsApp awalnya dikembangkan oleh Yousef Al-Basha. Namun dalam perjalanannya, aplikasi ini kemudian dikembangkan lagi oleh Fouad Mokdad.

Fouad Mokdad bukanlah nama baru di dunia modifikasi aplikasi WhatsApp. Sebelumnya, ia juga sempat membuat WhatsApp Mod dengan nama FMWhatsApp. Namun, dibandingkan YoWhatsApp, FMWhatsApp tidak begitu populer di jagat maya.

Bahaya menggunakan YoWhatsApp

Karena merupakan aplikasi modifikasi, maka ada beberapa fitur tambahan yang ditawarkan YoWhatsApp. Beberapa fitur tersebut di antaranya bisa mengubah tema aplikasi, pengiriman durasi video lebih panjang dari WhatsApp resmi, menyembunyikan status online, dan tambahan emoji yang semakin beragam.

Namun, di balik keunggulan beberapa fitur tersebut, ternyata ada segudang masalah yang mengintai penggunanya. Sebagaimana diketahui, aplikasi YoWhatsApp merupakan aplikasi modifikasi yang tidak resmi.

Ada beberapa ancaman yang mengintai pengguna YoWhatsApp. Baik dari pihak ketiga yang siap meretas, ataupun dari pihak WhatsApp yang resmi. Berikut beberapa dampak buruk penggunaan aplikasi YoWhatsApp yang IdeaBox.co.id rangkum dari berbagai sumber:

1. Akun WhatsApp bisa diblokir permanen

Persoalan maraknya aplikasi WhatsApp Modifikasi sepertinya sudah lama dibaca oleh pihak WhatsApp. Tidak main-main, WhatsApp siap memblokir pengguna WhatsApp Mod seperti YoWhatsApp.

Hal tersebut tertuang di laman FAQ resmi WhatsApp. Meskipun dalam keterangannya WhatsApp tidak secara langsung menyebut nama aplikasi YoWhatsApp, namun penggunaan aplikasi mod ini menjadi salah satu yang rawan diblokir karena bagian dari aplikasi WhatsApp modifikasi, yang melanggar persyaratan WhatsApp.

2. Rawan peretasan

Ancaman lainnya yang mengintai pengguna aplikasi YoWhatsApp ialah rawannya aplikasi tersebut untuk diretas. Keamanan aplikasi WhatsApp modifikasi bisa dikatakan sudah di luar pihak WhatsApp.

Artinya, jika selama ini WhatsApp menjamin kerahasiaan isi percakapan dengan fitur keamanan enkripsi pengguna ke pengguna (end-to-end), dengan dimodifikasi pihak ketiga, bisa saja fitur tersebut juga sudah berubah.

Akibatnya, isi percakapan pada pengguna aplikasi WhatsApp Mod seperti YoWhatsApp, sangat rawan diretas. Jika percakapan tersebut berisi informasi penting seperti data diri, rekening bank, atau informasi yang bersifar privasi lainnya, tentu hal tersebut sangat berbahaya.

3. Rawan diserang malware atau virus

Ancaman bahaya lainnya yang mengintai pengguna YoWhatsApp ialah rawan terkena software berbahaya (malware). Aplikasi WhatsApp Mod seperti YoWhatsApp memiliki perlindungan dari malware yang tidak terjamin.

Terlebih, aplikasi ini hanya bisa diunduh di situs yang tidak resmi. Hal tersebut sangat berisiko aplikasi ini disusupi malware berbahaya yang bisa mengancam penggunanya.

Salah satu jenis malware yang banyak ditanam di aplikasi modifikasi ialah spyware. Malware ini bisa mencuri data pemilik ponsel seperti mencuri kata sandi, isi percakapan, alamat email, dan data-data penting lainnya.

Hal tersebut berbeda jika kita menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Kita hanya bisa mendownloadnya di toko resmi seperti Google Play Store salah satunya.

Di Google Play Store terdapat teknologi bernama Google Play Protect yang selalu melindungi aplikasi dari serangan malware. Jadi, aplikasi yang diunduh dari Google Play sudah dijamin terbebas dari malware berbahaya.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Amin Aulawi

Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Komunikasi Penyiaran Islam konsentrasi Jurnalistik. Memulai karier profesional sebagai jurnalis sejak tahun 2018 dan hingga saat ini masih aktif menjadi jurnalis di salah satu media nasional.

Artikel Terkait

WhatsApp Rilis Versi Beta 2.21.16.10, Hadirkan Emoji Baru

WhatsApp Rilis Versi Beta 2.21.16.10, Hadirkan Emoji Baru

News • Diperbarui 10 Agustus 2021, 18:35 WIB
Lagi Hits di Medsos, Inilah 5 Aplikasi Pembuat Foto Bergerak

Lagi Hits di Medsos, Inilah 5 Aplikasi Pembuat Foto Bergerak

News • Diperbarui 6 Agustus 2021, 23:40 WIB

Tinggalkan komentar