Hati-Hati, Ini Bahaya Download Fouad WhatsApp yang Jarang Diketahui!

IdeaBox.co.id — Di internet kini beredar berbagai jenis aplikasi WhatsApp Modifikasi, atau WhatsApp Mod. Salah satu yang banyak diunduh ialah aplikasi Fouad WhatsApp.

Aplikasi Fouad WhatsApp dikembangkan oleh pihak ketiga, yang sudah barang tentu ilegal.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, pengguna pun hanya bisa mendapatkannya di website tidak resmi. Sementara di toko resmi WhatsApp seperti Google Play, aplikasi Fouad WhatsApp tidak tersedia.

Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh Fouad WhatsApp. Salah satunya ialah bisa melihat pesan yang sudah dihapus tanpa batas waktu.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan pengiriman berkas dengan ukuran yang lebih besar dari WhatsApp resmi.

Meskipun Fouad WhatsApp menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan WhatsApp resmi, namun ada beberapa bahaya yang bisa menjerat penggunanya. Tidak heran, dalam laman QA resminya, WhatsApp melarang pengguna menggunakan segala jenis WhatsApp Mod.

Untuk lebih jelasnya mengenai bahaya penggunaan Fouad WhatsApp, berikut rangkuman singkatnya.

1. Diblokir Sementara oleh WhatsApp Resmi

WhatsApp secara tegas melarang pengguna untuk mendownload WhatsApp Modifikasi dari pihak ketiga. Hal tersebut termuat dalam laman QA anak perusahaan Facebook ini.

Menurut WhatsApp, aplikasi dari pihak ketiga tersebut tidak terjamin keamanannya. Oleh karena itu, pihak WhatsApp tidak segan-segan memberikan teguran dengan memblokir sementara WhatsApp Mod seperti Fouad WhatsApp.

“Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga, dan melanggar ketentuan layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamannnya,” tulis WhatsApp dalam situs resminya.

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda diblokir sementara, ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi,” imbuh keterangan di situs resmi WhatsApp.

2. Diblokir Permanen oleh WhatsApp

Tidak hanya diblokir sementara, pengguna yang ‘ngeyel’ menggunakan aplikasi WhatsApp Mod seperti Fouad WhatsApp juga bisa diblokir selamanya oleh pihak WhatsApp. Hal ini juga termuat di laman resmi WhatsApp.

“Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, maka akun Anda mungkin akan diblokir dari menggunakan WhatsApp secara permanen,” tulis tegas WhatsApp.

3. Rentan Peretasan oleh Pihak Lain

WhatsApp resmi selalu menjamin kerahasiaan isi percakapan melalui fitur ujung ke ujung (end-to-end encryption). Fitur ini menjamin pelindungan kerahasiaan pengguna.

Saat WhatsApp sudah dikembangkan oleh pihak ketiga, maka fitur ini tidak lagi terjamin keamanannya. Oleh karena itu, WhatsApp Mod seperti Fouad WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling rawan diretas.

4. Ancaman Masuknya Malware yang Mencuri Data Pengguna

Salah satu ancaman lainnya yang ada pada WhatsApp Mod seperti Fouad WhatsApp adalah adanya ancaman malware di dalam aplikasi yang bisa mencuri data pengguna.

Ada beberapa malware yang bisa mencuri nomor kontak, data diri, alamat email, passwod/PIN penting seperti M-Banking, sampai informasi mengenai kebiasaan aktivitas pengguna di internet.

Malware seperti itu tidak akan ditemukan di WhatsApp resmi. Pasalnya, selain sudah dijamin keamanannya oleh pihak WhatsApp, dalam proses pengunduhan, WhatsApp juga hanya bisa diunduh di toko resmi, yang menjamin keamanan aplikasi dari segala jenis malware.

Itu dia bahaya jika download Fouad WhatsApp. Jangan sampai menanggung resiko!

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Amin Aulawi

Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Komunikasi Penyiaran Islam konsentrasi Jurnalistik. Memulai karier profesional sebagai jurnalis sejak tahun 2018 dan hingga saat ini masih aktif menjadi jurnalis di salah satu media nasional.

Artikel Terkait

WhatsApp Rilis Versi Beta 2.21.16.10, Hadirkan Emoji Baru

WhatsApp Rilis Versi Beta 2.21.16.10, Hadirkan Emoji Baru

News • Diperbarui 10 Agustus 2021, 18:35 WIB
Lagi Hits di Medsos, Inilah 5 Aplikasi Pembuat Foto Bergerak

Lagi Hits di Medsos, Inilah 5 Aplikasi Pembuat Foto Bergerak

News • Diperbarui 6 Agustus 2021, 23:40 WIB

Tinggalkan komentar