WhatsApp Luncurkan Fitur Transfer Chat Antara Android dan iOS, Begini Cara Pakainya

IdeaBox.co.id — Aplikasi perpesanan instan WhatsApp, secara resmi mengumumkan dan meluncurkan fitur baru mereka yaitu transfer chat atau riwayat obrolan antara sistem operasi yang berbeda.

Menariknya lagi, fitur ini dirilis berbarengan dengan ponsel lipat terbaru Samsung, yaitu Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di acara Galaxy Unpacked, Rabu (11/8) kemarin.

Sebelumnya, fitur ini memang sudah dinanti-nantikan banyak pengguna. Bagaimana tidak, dulu pengguna hanya bisa melakukan transfer chat dari dan ke perangkat dengan OS yang sama saja, misal dari ponsel Android ke Android, atau dari iPhone ke iPhone.

Padahal banyak dari mereka yang menggunakan ponsel dengan sistem operasi berbeda dari ponsel mereka sebelumnya, dan ingin memindahkan chat WhatsApp-nya.

Kini, dengan fitur ini, maka pengguna bisa memindahkan semua riwayat chat, foto, memo suara, maupun konten WhatsApp lainnya dari perangkat Android ke iOS, atau sebaliknya.

“Kami sangat senang karena untuk pertama kalinya kami memudahkan orang-orang untuk memindahkan riwayat WhatsApp mereka dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya,” ucap Product Manager WhatsApp, Sandeep Paruchuri dalam keterangan resminya, seperti yang IdeaBox.co.id kutip dari TechCrunch.

“Ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna selama bertahun-tahun dan kami bekerjasama dengan sistem operasi dan produsen perangkat untuk menyelesaikannya,” tutupnya.

Fitur transfer chat WhatsApp lintas-platform ini akan hadir perdana pada ponsel Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 dan akan tersedia untuk smartphone Samsung lainnya dengan sistem operasi Android 10 ke atas beberapa minggu ke depan.

“Ingin mengambil riwayat WhatsApp Anda dengan aman dari satu platform ke platform lain? Kami sedang berupaya untuk memungkinkan ini dimulai dengan perangkat @SamsungMobile, dan itu akan datang ke ponsel Android dan iOS segera,” konfirmasi kepala WhatsApp, Will Cathcart di akun Twitter pribadinya.

Namun, pihak WhatsApp sendiri masih belum memberikan informasi apapun kapan fitur tersebut akan tersedia di smartphone Android non-Samsung dan iOS. Kendati demikian, mereka akan mengusahakan agar fitur ini bisa dinikmati seluruh pengguna di dunia.

Cara Menggunakan Fitur Transfer Chat WhatsApp Antar OS

Untuk sementara ini, fitur transfer chat WhatsApp tersebut bekerja di perangkat Samsung dengan alat transfer Samsung sendiri, yakni Smart Switch.

Menyadur CNET, saat ini Smart Switch sendiri sudah membantu pengguna untuk memindahkan musik, pesan, kontak, catatan, kalender, dan hal lainnya antarperangkat Samsung Galaxy. Oleh sebab itu, menurut jur bicara WhatsApp, selain teks, pengguna juga bisa mentransfer foto dan media pesan suara antarplatform.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan fitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iOS:

  • Hubungkan perangkat lama (Samsung) dan baru (iPhone) menggunakan kabel USB-C to lighting.
  • Buka aplikasi Smart Switch di perangkat lama.
  • Ponsel baru akan meminta Anda untuk memindai kode QR menggunakan perangkat lama dan memindahkan riwayat obrolan WhatsApp.
  • Untuk menyelesaikan transfer, login ke WhatsApp di perangkat baru dan impor riwayat pesannya.

Perlu Anda perhatikan bahwa riwayat chat hanya dapat diimpor jika Anda belum login ke WhatsApp di perangkat baru. Apabila Anda sudah terlanjur login di perangkat baru sebelum proses transfer Smart Switch selesai, maka proses pemindahan riwayat obrolan dan file tidak akan berhasil.

Fitur transfer chat ini merupakan fitur terbaru WhatsApp, setelah sebelumnya mereka merilis fitur “View Once” yang bisa membuat foto dan video menghilang setelah dilihat penerima pesan.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Muhammad Anas

Lulusan terbaik jurusan RPL di SMK. Gemar ngopi dan baca. Penggiat dunia teknologi. Main game dari waktu ke waktu.

Tinggalkan komentar