WhatsApp Update Fitur Arsip, Bisa Sembunyikan Chat Selamanya

IdeaBox.co.id — Pada Minggu (1/8) lalu, WhatsApp memperbarui fitur “Archived Chat” di Indonesia. Pembaharuan pada fitur arsip chat tersebut kini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan obrolan baik individu, maupun grup yang dirasa mengganggu ke dalam satu buah folder tanpa perlu memblokir kontak dengan lawan bicaranya.

Chat yang masuk dari obrolan yang diarsipkan juga akan dibisukan selamanya tanpa memunculkan notifikasi bunyi, tanda, atau pesan pop-up apapun. Update kali ini juga membuat folder arsip chat yang semulanya berada di paling bawah kotak masuk, menjadi di paling atas, sebelum daftar obrolan.

Dalam postingan blog resminya, WhatsApp tujuan dari update fitur kali ini adalah untuk memberikan pengguna lebih banyak kontrol dan pengaturan atas kotak masuk mereka. Dengan begitu, mereka bisa lebih fokus pada chat yang diproritaskan.

“Kami tahu bahwa tidak semua hal perlu berada di paling depan untuk Anda,” ungkap WhatsApp dalam keterangan resminya, kutip IdeaBox.co.id dari Livemint.

“Kami ingin memastikan bahwa WhatsApp tetap menjadi tempat pribadi dan aman di mana Anda bisa berbicara dengan orang-orang yang paling penting bagi Anda dan tempat di mana Anda bisa mengontrol pesan-pesan Anda,” sambung WhatsApp.

Sebelum fitur archived chats versi terbaru ini digulirkan, chat yang diarsipkan akan kembali muncul ke kotak pesan utama jika ada pesan yang masuk. Banyak dari pengguna yang meminta agar chat yang sudah diarsipkan tersebut tetap disembunyikan dan tidak muncul lagi meski ada pesan baru.

Kini, WhatsApp telah mengabulkan permintaan yang telah lama ditunggu-tunggu tersebut. Fitur arsip pesan yang baru ini akan membuat pesan yang diarsipkan tetap tersembunyi dan berada di folder arsip secara permanen.

Kendati demikian, pengguna tetap bisa mengeluarkannya kembali agar muncul di kotak pesan utama secara manual. Dan pengguna juga bisa menonaktifkan pengaturan ini agar pesan yang diarsipkan tetap ditampilkan jika ada chat baru.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Secara Permanen

Mari ikuti langkah-langkah berikut untuk menyembunyikan pesan WhatsApp ke folder arsip selamanya:

  • Buka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel.
  • Ketuk dan tahan lama pada chat yang ingin disembunyikan.
  • Ketuk ikon Archive yang ada di bagian kanan atas layar dengan simbol kotak dan tanda panah ke bawah.
  • Sekarang chat tersebut telah diarsipkan dan disembunyikan di dalam folder Archived secara permanen dan tidak akan menampilkan notifikasi lagi meskipun ada pesan masuk.
  • Untuk mengakses kembali chat yang diarsipkan, buka folder “Archived” yang ada di daftar paling atas kotak masuk.
  • Dan untuk mengeluarkan chat dari folder Archived, buka folder Archived, lalu ketuk lama chat yang ingin dikembalikan ke kotak pesan utama, ketuk ikon Archive dengan simbol kotak dan tanda panah ke atas.

Cara Mengubah Pengaturan Archived Chat

Apabila Anda ingin agar percakapan yang diarsipkan tetap kembali ke kotak pesan utama setelah menerima pesan baru, maka ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih “Settings”.
  • Buka menu “Chats”.
  • Matikan toggle “Keep chats archived”.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Muhammad Anas

Lulusan terbaik jurusan RPL di SMK. Gemar ngopi dan baca. Penggiat dunia teknologi. Main game dari waktu ke waktu.

Tinggalkan komentar