Wajib Diisi! Fitur Baru di SSCASN Ini Jadi Syarat Peserta CPNS dan PPPK 2021

IdeaBox.co.id — Fitur baru di SSCASN BKN sempat menjadi perbincangan di kalangan peserta CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru. Fitur ini ialah ‘Deklarasi Sehat’ yang muncul di portal SSCASN BKN.

Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi BKN, Suherman, Deklarasi Sehat yang ada di seleksi CPNS dan PPPK kali ini merupakan permintaan Kementerian Kesehatan.

Nantinya, semua peserta yang mendaftar di CPNS, PPPK Guru dan Non Guru, wajib mengisi deklarasi tersebut. Adapun isi dari deklarasi tersebut ialah pernyataan kesediaan peserta CPNS dan PPPK untuk tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menyebarkan virus corona.

“Setia peserta yang mengikuti seleksi CPNS 2021, PPPK guru dan non guru, harus mengisi deklarasi sehat,” jelas Suherman, dilansir dari JPPN.com.

Lebih lanjut menurut Suherman, deklarasi sehat tersebut juga sebagai upaya BKN untuk mencegah penyebaran virus corona dalam proses seleksi penerimaan CPNS dan PPPK.

Nantinya, peserta CPNS dan PPPK yang sudah mengisi formulir deklarasi, wajib mencetaknya. Formulir tersebut sebagai syarat administrasi tambahan yang ditunjukkan saat proses ujian seleksi.

Perlu diketahui, berbeda dengan seleksi CPNS yang dilakukan sebelumnya, proses seleksi CPNS dan PPPK 2021 bakal menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut lantaran proses pelaksanaan seleksi sendiri dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu protokol yang diterapkan BKN dalam seleksi CPNS dan PPPK 2021 ini ialah dengan mengisi deklarasi sehat, dan menjadikannya sebagai salah satu syarat administrasi mengikuti ujian.

Sementara itu, Ketua Forum Honorer Nonkategori Dua Persatuan Guru Honorer Republik Indonesia (FHNK2 PGHRI), Raden Sutopo Yowono, menghimbau kepada guru honorer agar melakukan pengisian Deklarasi Sehat tersebut.

“Kami ingatkan, jangan lupa isi Deklarasi Sehat, dan cetak kartu Deklarasi Sehat,” tegas Raden Sutopo.

Sementara itu, proses seleksi CPNS dan PPPK 2021 sendiri saat ini masih dalam tahap verifikasi berkas. Nantinya, peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas bisa melanjutkan di tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Amin Aulawi

Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Komunikasi Penyiaran Islam konsentrasi Jurnalistik. Memulai karier profesional sebagai jurnalis sejak tahun 2018 dan hingga saat ini masih aktif menjadi jurnalis di salah satu media nasional.

Artikel Terkait

Kumpulan Twibbon HUT RI Ke-76 PNG, untuk Status di Media Sosial

Kumpulan Twibbon HUT RI Ke-76 PNG, untuk Status di Media Sosial

News • Diperbarui 17 Agustus 2021, 13:11 WIB

Tinggalkan komentar