Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Disimpan di Samsung Pay, Begini Caranya!

IdeaBox.co.id — Kabar gembira bagi pengguna ponsel Galaxy. Pasalnya, Samsung baru saja mengumumkan jika pengguna Samsung Galaxy bisa menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan Samsung Pay.

Dengan demikian, pengguna kini tidak perlu membawa sertifikat vaksin dalam bentuk fisik, karena sertifikat sudah tersimpan secara digital.

Namun, sayangnya penyimpanan sertifikat vaksin Covid-19 di Samsung Pay belum bisa dilakukan di Indonesia. Saat ini, fitur tersebut baru terbatas di Amerika saja.

Fitur penyimpanan sertifikat Covid-19 di Samsung Pay sendiri merupakan hasil kolaborasi perusahaan Samsung dengan Commons Project Foundation.

Dengan kerjasama tersebut, kini pengguna Samsung Galaxy di Amerika bisa mengunduh catatan vaksin secara digital yang sebelumnya dikeluarkan oleh apotek, atau layanan kesehatan.

Sertifikat vaksin Covid-19 sendiri nantinya akan tersimpan di Samsung pay, melalui aplikasi CommonHealth. Fitur ini, rencananya bakal dirilis mulai dua minggu ke depan di semua perangkat Samsung yang mendukung Samsung Pay.

Cara Menyimpan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Samsung Pay

Agar bisa menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 di Samsung Pay, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi CommonHealth di Google PlayStore.

Nantinya, pengguna diminta mengisi informasi kesehatan di aplikasi tersebut. Setelah informasi kesehatan sudah diverifikasi, pengguna bisa mendownload sertifikat vaksin di aplikasi CommonHealth, dan menambahkannya ke Samsung Pay.

Setelah sertifikat vaksin tersimpan di Samsung Pay, nantinya kredensial vaksin Covid-19 bisa dibagikan sebagai kode QR. Kode QR tersebut nantinya bisa digunakan untuk keperluan penting seperti sekolah, tempat kerja, syarat bepergian, atau kebutuhan layanan kesehatan.

Menurut kepala arsitek The Common Project, JP Pollak, kolaborasi antara Samsung dan CommonHealth merupakan tonggak bersejarah untuk catatan vaksinasi digital.

“Kolaborasi CommonHealth dan Samsung menjadi tonggak penting dalam ketersediaan dan penerimaan Smart Health Cards sebagai standar untuk catatan vaksinasi digital terus berkembang,” ujar JP Pollak, dikutip dari Detik.com, Jumat (20/8).

Lebih lanjut menurut JP Pollak, Samsung selama ini dikenal sebagai produsen perangkat seluler dan dompet digital terkemuka, yang memiliki sistem keamanannya yang handal.

Dengan adanya kerjasama Samsung dan CommonHealth, diharapkan penyimpanan informasi kesehatan masyarakat secara digital juga lebih aman dan mudah diakses oleh pengguna.

Meski penyimpanan sertifikat vaksin Covid-19 di Samsung Pay baru tersedia di Amerika, namun tidak menutup kemungkinan fitur ini juga tersedia di Indonesia. Terlebih, pemerintah Indonesia kini sudah memiliki data vaksinasi di PeduliLindungi.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Amin Aulawi

Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Komunikasi Penyiaran Islam konsentrasi Jurnalistik. Memulai karier profesional sebagai jurnalis sejak tahun 2018 dan hingga saat ini masih aktif menjadi jurnalis di salah satu media nasional.

Tinggalkan komentar