Chipset Qualcomm Snapdragon Terbaru Muncul di Geekbench

IdeaBox.co.id — Chipset andalan Qualcomm, Snapdragon kini bakal mengeluarkan produk terbarunya bernama Snapdragon 898. Sebelumnya, Ice Universe sempat membocorkan spesifikasi chipset terbaru ini beberapa waktu lalu.

Kali ini, chipset Snapdragon 898 pun sempat muncul di Geekbench. Berdasarkan pantauan IdeaBox dari informasi yang termuat di Geekbench, chipset Snapdragon ini akan memiliki nama kode ‘Taro’. Nama ini disinyalir merujuk pada prototipe ponsel Vivo.

Diperkirakan ponsel Vivo V2102A akan menjadi ponsel pertama yang ditenagai chipset Snapdragon 898 ini. Ponsel tersebut akan dibekali RAM 8GB dan menjalankan sistem operasi Android 12. Chipset ini juga memiliki skor single-core 720 dan skor multi-core 1919.

Sementara untuk konfigurasi CPU Snapdragon 898, bakal menggunakan inti Cortex X2 2, 42 GHZ tunggal, into Cortex-A710 3 x 2, 17GHz, dan inti Cortex-A510 4 x1,79GHZ.

Perlu diketahui, bocoran sebelumnya menyebut inti X2 bisa mencapai 3,09GHz. Pasalnya, inti X2 akan mengalami peningkatan kecepatan sebesar 16 persen dari Cortex X1 yang hanya sebesar 2.995GHZ.

Sementara itu, pada Snapdragon 898 disebut akan menggunakan proses manufaktur 4nm Samsung. Meski tidak banyak informasi yang menyebut kelebihan node 4nm Samsung, namun beberapa pihak menyebut teknologi ini memberikan kinerja yang lebih baik dari teknologi 5nm sebelumnya.

Tidak hanya itu, chipset ini juga akan mendukung fitur GPU Adreno 730 yang disbeut memiliki peningkatan signifikan atas versi sebelumnya, GPU Adreno 660 milik Snapdragon 888.

Chipset Snapdragon 898 juga sempat dibocorkan oleh pembocor populer, Abhisek Yadav. Dalam cuitannya, Abhisek membagikan spesifikasi chipset terbaru milik Qualcomm.

Namun, Abhisek belum yakin nama yang akan dilekatkan pada chipset tersebut. Ia pun menduga Qualcomm akan menamainya dengan Snapdragon 895 atau 898.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti IdeaBox di Google Berita.

Amin Aulawi

Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Komunikasi Penyiaran Islam konsentrasi Jurnalistik. Memulai karier profesional sebagai jurnalis sejak tahun 2018 dan hingga saat ini masih aktif menjadi jurnalis di salah satu media nasional.

Tinggalkan komentar